STY: Jika Timnas Indonesia Bisa Ke Piala Asia, Impaknya Akan Sangat Besar

By ommed


nusakini.com - Timnas Indonesia akan menjalani Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan dimainkan di Kuwait. Selain menghadapi tuan rumah Kuwait, Indonesia juga satu grup dengan Yordania dan Nepal.

Shin Tae-yong berharap banyak bahwa timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Asia 2023. Kepada media DW, STY bercerita bagaimana masyarakat sepakbola Indonesia yang penuh ekspektasi akan dirinya.

Skuad Indonesia memang dirombak habis oleh STY, dengan materi mayoritas adalah pemain muda, ditambah beberapa senior berpengalaman. Plus, STY juga mendorong proyek naturalisasi pemain keturunan.


"Indonesia tidak pernah maju melampaui babak penyisihan grup di Piala Asia," keluh STY kepada DW. "Jika kami berhasil kali ini, itu akan memiliki arti besar bagi negara dan masyarakat," sambung sosok asal Korea Selatan itu.

Media tersebut juga menyoroti bahwa Indonesia memang bukan tim unggulan di grup. Secara peringkat FIFA, Indonesia kalah dibanding para pesaing. Tanpa membantah, STY mengakui itu.

"Tidak akan mudah dengan Indonesia, peringkat 159 dunia, berada di grup yang sulit. Mereka diperkirakan akan finis di atas Nepal, tetapi Yordania, peringkat 91, dan Kuwait peringkat 146, akan memberikan lawan yang lebih keras — terutama karena pertandingan akan berlangsung di Kuwait," tulis DW.

"Kami tahu bahwa Yordania dan Kuwait dipandang sebagai dua tim terkuat di grup ini.. Tetapi tim kami semakin stabil dan percaya diri dan saya yakin kami bisa lolos, dan lolos," tegas Shin. (gi/om)